Beranda Artikel Panorama Hatta, Jejak Sejarah Wakil Presiden Pertama Indonesia di Aceh Selatan

[Kilasan] Panorama Hatta, Jejak Sejarah Wakil Presiden Pertama Indonesia di Aceh Selatan

BERBAGI
Ist. (Sumber: Google)

Mella Agustia | DETaK

Aceh Selatan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh. Sesuai dengan namanya, Aceh Selatan berlokasi di daerah selatan Aceh. Aceh Selatan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Oleh sebab itu iklim di daerah Aceh Selatan cukup panas. Meskipun begitu, Aceh Selatan jarang dilanda kekeringan. Aceh Selatan berbatasan dengan Aceh Barat Daya, dan di sebelah barat dan di sebelah timur, Aceh Selatan juga berbatasan langsung dengan Kota Madya Subulussalam dan juga Aceh Singkil.

Kabupaten Aceh Selatan adalah wilayah yang berada di pesisir yang begitu banyak menyimpan pemandangan yang indah dan juga memesona. Pemandangan tersebutlah yang menjadi objek wisata. Pesisir barat-selatan Aceh memang sudah terkenal mempunyai pemandangan yang sangat indah. Deretan pegunungan dan Laut Hindia yang membentang luas dapat memanjakan mata Anda, ditambah lagi jika waktu sore telah tiba, pemandangan sunset memikat semua mata yang memandang ke arah yang sama.

Ada satu spot yang terkenal yang berada di lintas utama, yaitu wisata Jambo Hatta, di mana dahulu Mohammad Hatta pernah melepas penat di tempat tersebut. Wisata Jambo Hatta merupakan sebuah gubuk kecil yang berada di atas bukit di mana letaknya sekitar 8 km dari Tapaktuan yang merupakan ibukota Aceh Selatan. Dari atas bukit ini Anda bisa melihat teluk yang berada di bawahnya. Tebing yang terjal, gunung batu yang dipangkas untuk jalur jalan yang meliuk dan menggantung.

Tempat ini disebut dengan jambo dikarenakan bentuknya yang berupa gubuk. Meskipun berlokasi di atas bukit, namun jambo tersebut tetap dibangun mirip dengan rumah panggung dan mempunyai sejumlah anak tangga yang harus dinaiki untuk memasuki jambo tersebut. Motif yang menyerupai dengan anjungan yang membuat masyarakat menyebutnya dengan gubuk. Atap jambo berbentuk sudut yang umumnya rumah di Aceh. Di sekitarnya, mulai dari tulang-tulang penyangganya terbuat dari sepinggang ada ukuran yang merupakan khas bagunan Aceh. Gubuk tersebut secara umum dibuat dari kayu. Beberapa bagian nampak terlihat sudah kopek, seiring dengan umurnya yang sudah tua.

Wisata Jambo Hatta ini merupakan tempat di mana wakil presiden RI, Mohammad Hatta, beristirahat ketika menempuh perjalanan berkeliling di Aceh pada tahun 1953, untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Wisata Jambo Hatta ini yang menjadi saksi sejarah ketika Mohammad Hatta berkunjung ke Aceh Selatan di masa awal-awal Indonesia telah merdeka. Kedatangan proklamator RI ini langsung menuju ke Aceh Selatan tanpa melalui ibukota provinsi.

Panorama persinggahan yang merupakan sejarah dari kunjungan Mohammad Hatta ini adalah sebah puncak gunung di Aceh Selatan yang berlokasi di sisi jalan negara antar Singkil dan Tapaktuan. Lebih tepatnya berada di Desa Lhok Rukam, Kecamatan Tapaktuan, yang dapat ditempuh dengan perjalanan kurang dari 20 menit.

Kedatangan Mohammad Hatta tersebut disambut sangat meriah oleh warga masyarakat Aceh Selatan, di mana pada waktu itu Muhammad Hatta sempat makan bersama dengan masyarakat yang ada di pinggir Gunung Pudung Desa Ruak, Kecamatan Kluet Utara, hingga sekitar 40 ekor kerbau disembelih sampai akhirnya sungai menjadi berwarna merah dikarenakan 40 kerbau tersebut disembelih di pinggir sungai.

Bukit antara dua gampong itulah plokamator RI beserta rombongannya singgah pertama kalinya. Maka dari itu didirikanlah sebuah gubuk yang terkenal dengan sebutan “Jambo Hatta” yang dulunya disebut dengan sebutan “Panorama Hatta”. Wisata Jambo Hatta ini diapit oleh dua gampong yaitu Panjupian dan Lhok Rukam.

Jika Anda berada di lokasi wisata Jambo Hatta dan memandang ke arah Lhok Rukam, Anda akan melihat lautan yang sangat luas dari mulai tengah sampai pecahan buih di tepi pantai, ditambah dengan perahu-perahu kecil milik nelayan yang menambah keindahan wisata Jambo Hatta ini. Bukan hanya itu saja, ada sisi lain yang dapat kita nikmati dari wisata Jambo Hatta yaitu Anda dapat melihat ke arah yang berlawanan, nantinya akan terlihat jalanan berbelok-belok di Bukit Panjupian. Ketika mobil-mobil melewati jalan tersebut ditambah dengan hijaunya pepohonan yang rimbun nan indah serta warna birunya lautan yang berada di tempat tersebut akan nampak panorama yang indah seperti lukisan dan serasa benar asrinya.

Di dalam sebuah lagu Syah Loetan disentil mengenai keindahan Laut Hindia di Aceh Selatan. Oleh sebab itu banyak masyarakat yang berkunjung ke sana, untuk sejenak melepas penat sambil menikmati indahnya alam ini. Bahkan sekarang di wisata Jambo Hatta ini sudah terdapat kedai-kedai kecil yang menjual minuman maupun makanan ringan. Jika Anda ingin melihat Kota Tapaktuan secara keseluruhan, tempat inilah yang paling cocok yang dapat anda kunjungi. Anda bisa melihat dan menikmati indahnya Kota Naga dan juga melihat hamparan pegunungan yang sangat cantik dan juga memikat mata siapa saja yang melihatnya.

Wisata Jambo Hatta ini pun menjadi tempat wisata yang saat ini ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Jika anda melintas, anda dapat berkunjung untuk berteduh atau menikmati suasana yang asri dan indah di tempat tersebut. Sekarang bangunan tersebut sangat nyaman dan bersih untuk disinggahi. Tempat duduk yang disediakan juga sangat luas dan mempunyai pondok-pondok yang sangat nyaman yang dapat Anda gunakan untuk menikmati secakir kopi dan keindahan alam yang luar biasa.[]

Referensi:
Wisatamenarik.com. “Destinasi Wisata Jambo Hatta Aceh Selatan” dari laman https://wisatamenarik.com/destinasi-wisata-jambo-hatta-aceh-selatan/

#30HariKilasanSejarah

Editor: Teuku Muhammad Ridha