Beranda Artikel Mengejar Amalan di Malam Nuzulul Qur’an

[DETaR] Mengejar Amalan di Malam Nuzulul Qur’an

BERBAGI
Ilustrasi. (Yaumil Farah Alyssa/DETaK)

Artikel | DETaK

Ramadhan Mubarak Sobat DETaK 

Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa turunnya kitab suci Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW sehingga tidak heran malam yang mulia ini sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Nuzulul Quran terjadi pada 17 Ramadan seperti yang difirmankan pada Al-Qur’an surah Al Anfaal ayat 41 yang berbunyi, 

Iklan Souvenir DETaK

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya sesuatu yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlimanya adalah hak Allah, Rasul, kerabat (Rasul), anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan ibnu sabil, jikalau kamu beriman kepada Allah serta kepada apa yang Kami turunkan (Al-Qur’an) kepada hamba Kami (Nabi Muhammad SAW) pada hari al-furq?n (pembeda), yaitu pada hari bertemunya dua pasukan (Perang Badar). Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” 

Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat Islam yang memiliki begitu banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai petunjuk jalan yang lurus, wajar sekali rasanya jika banyak orang yang ingin melakukan hal-hal baik di malam peringatan turunnya Al-Qur’an ke bumi. Mereka mengerjakan amalan pada malam Nuzulul Qur’an agar mendapatkan banyak pahala di antaranya seperti: 

1. Membaca Kitab Suci Al-Qur’an 

Perlu diketahui bahwa sebenarnya membaca Al-Qur’an disini bukan hanya sekedar membaca saja. Akan tetapi, selain membaca Al-Qur’an seseorang juga perlu memahami dengan baik arti dari ayat-ayat sudi tersebut. Pahami dengan baik maknanya dan terapkan segala kebaikan dalam ayat tersebut dalam bersikap di dunia. 

2. Melaksanakan Shalat Malam 

Shalat malam yang bisa dikerjakan dalam peringatan Nuzulul Qur’an ialah shalat tahajud. Sebelum melakukan shalat tahajud, seseorang harus mengerjakan shalat tarawih terlebih dahulu dan pergi tidur. Ssetelah bangun tidur, seseorang bisa mengerjakan shalat tahajud. Lakukan shalat tahajud ketika sebelum sahur. Jangan lupa untuk menutup shalat malam tersebut dengan shalat witir yang memiliki jumlah rakaat ganjil. 

3. Melafadzkan Doa Nuzulul Qur’an 

Dengan membaca doa khusus ini, maka akan membuat hati yang membacanya menjadi semakin lebih tenang, semakin mendekatkan diri lagi kepada Allah serta bisa mendapatkan limpahan keberkahan dari-Nya. Adapun doa khusus Nuzulul Qur’an yaitu,

“Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur’an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til quraan.” 

Artinya: Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Quran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Quran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Quran. 

Amalan malam Nuzulul Qur’an tentu perlu dilakukan sehingga pahala akan terus dituai serta rahmat dari-Nya akan terus berlimpah. So, bagaimana malam Nuzulul Qur’an kalian nih Sobat DETaK? Semoga kita semua tetap menjadi hamba Allah yang senantiasa berusaha serta istiqomah dalam mengejar amalan terutama di bulan ramadhan yang suci ini. 

Penulis bernama Siraj De Fara, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Universitas Syiah Kuala.

Editor: Aisya Syahira