Beranda Artikel Secangkir Kopi di Puncak Gunung Geurutee

[DETouR] Secangkir Kopi di Puncak Gunung Geurutee

BERBAGI
Pemandangan alam dari atas Gunung Geurutee. (Dok. Pribadi)

Artikel l DETaK

Halo Sobat DETaK! Kali ini aku mau merekomendasikan salah satu destinasi wisata di daerah Aceh Jaya yang sayang banget untuk kalian lewatkan, yaitu Puncak Gunung Geurutee. Puncak Gunung Geurutee merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di perbatasan antara Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Besar. Gunung Geurutee menjadi lintasan jalan nasional jika kalian hendak berpergian menuju kawasan barat selatan Aceh, oleh karena itu kawasan pegunungan Geurutee sering dijadikan sebagai tempat persinggahan para pengendara.

Akan tetapi jika ingin berkendara ke wilayah ini harus hati-hati ya Sobat DETaK, karena lintasannya dikelilingi jurang yang cukup curam dan mengarah langsung pada perbatasan bibir pantai Samudra Hindia.

Iklan Souvenir DETaK

Ada banyak hal unik yang bisa kamu temukan di tempat ini. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut.

Di puncak gunung ini akan terlihat hamparan laut lepas yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Di sini kamu akan melihat warung-warung kayu berjejer di pinggir jalan dan posisinya tepat di atas jurang. Aneka makanan dan minuman tersedia di sana.

Banyak dari para pengendara yang melintasi daerah ini akan memilih singgah untuk menikmati secangkir kopi hitam khas Aceh Jaya sebelum melanjutkan perjalanannya ke tempat tujuan. Para pengunjung akan disuguhkan pemandangan langsung hamparan laut lepas yang membiru. Tak hanya hamparan lautan, di sini kamu akan melihat deretan pohon hijau yang menciptakan kesejukan alami.

Berbagai keindahan ini hanya dapat dinikmati dari atas saja, sebab wisatawan tidak dapat turun ke bawah untuk menikmati pantainya.

Para pengendara menghabiskan waktunya di sini untuk sekadar menikmati pemandangan atau menyantap makanan yang tersedia di warung-warung tersebut. Warung di sana, rata-rata buka hingga pukul 19.00 WIB. Selain hanya sekedar melintas, banyak juga pengunjung yang sengaja datang ke tempat ini dari daerah yang jauh. Mereka dapat mengabadikan momen ketika berada di sana dengan background lautan lepas atau deretan pepohonan yang hijau, lalu mempostingnya di feed Instagram masing-masing.

Selain lautnya yang begitu menawan. Ada sebuah monumen berbentuk runcing yang berada di atas puncak gunung Geurutee, biasanya monumen ini dijadikan sebagai patokan para pendaki untuk mengetahui bahwa mereka sudah sampai pada puncak tertinggi gunung Guerutee.

Dari atas sini, kita dapat melihat pemandangan dua pulau yang tak berpenghuni. Biasanya pulau itu dijadikan tempat singgah oleh para nelayan yang mencari ikan di laut. Adapun nama pulau tersebut adalah Pulau Klueng dan Pulau Tsunami.

Oh ya Sobat DETaK, jika sedang bersantai di Puncak Gunung Geurutee jangan terkejut jika melihat satwa sejenis monyet ya! Monyet lumrah ditemui dan kerap kali berinteraksi dengan pengunjung di daerah puncak Gunung Geurutee ini. Tapi jangan khawatir, karena satwa monyet ini tergolong jinak lho.[]

Penulis adalah Fitri Ramadina, mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala. Ia juga aktif sebagai anggota di UKM Pers DETaK USK.

Editor: Indah Latifa