Beranda Artikel Kue Ikonik Lebaran yang Wajib Ada Pada Hari Raya Idul Fitri

[DETaR] Kue Ikonik Lebaran yang Wajib Ada Pada Hari Raya Idul Fitri

BERBAGI
Ilustrasi. (Annisa Salsabila Musran/DETaK)

Artikel | DETaK

Setelah satu bulan penuh kita menjalani ibadah puasa kita akan menyambut lebaran idul fitri. Salah satu momen yang tidak ketinggalan dari hari lebaran adalah membuat kue lebaran. Membuat kue lebaran di rumah merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat, tidak hanya untuk menghemat uang, tetapi juga sebagai momen untuk mempererat ikatan keluarga. Terdapat berbagai jenis kue ikonik yang menjadi favorit dan wajib disajikan ketika Lebaran tiba. berikut adalah daftar lima kue rekomendasi yang tidak boleh absen di tengah kemeriahan Lebaran.

  1. Kue Sagu

Kue sagu menjadi salah satu kudapan kering yang identik dengan momen Lebaran dan mengesankan dengan kekhasannya. Teksturnya yang padat dan cita rasa manis-gurih membuatnya tak tertandingi. Tersedia berbagai variasi rasa seperti sagu keju, sagu coklat, kacang, dan yang paling kekinian adalah kue sagu coklat Oreo. Kue ini memiliki tekstur lembut yang pas untuk disuguhkan kepada kerabat yang datang berkunjung saat Lebaran.

Iklan Souvenir DETaK

2. Kue Nastar

Kue nastar menjadi salah satu kue yang sangat populer di Indonesia. Dikenal dengan rasa nanas yang lembut di dalam kulitnya, kue nastar memang tak pernah gagal menyuguhkan kenikmatan yang menggoda. Selain varian rasa nanas, tersedia pula rasa lain seperti stroberi, cokelat, dan blueberry yang membuatnya semakin menggugah selera.

3. Lidah Kucing

Kue lidah kucing telah menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi perayaan Lebaran.Dikenal dengan bentuknya yang menyerupai lidah kucing yang panjang dan pipih, kue ini memberikan pengalaman rasa yang khas. Pembuatannya yang menggunakan metode khusus, yakni dipanggang hingga memberikan tekstur yang renyah, membuatnya semakin istimewa.

4. Kastengel

Kue kastengel merupakan kenikmatan cita rasa keju panggang yang tidak bisa dilewatkan. Kue ini menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari hidangan Lebaran di mayoritas rumah terbuat dari keju sebagai bahan utamanya, memberikan cita rasa gurih dan asin yang memikat, menjadikannya sebagai sajian yang sulit untuk tidak disukai. 

5. Putri Salju

Kue putri salju memiliki tampilan yang unik menyerupai bulan sabit yang sedang diliputi badai salju. Meskipun memiliki tekstur yang padat, namun begitu masuk ke dalam mulut, adonan kue putri salju akan meleleh bersama dengan gula halus yang memberikan kelembutan dan cita rasa manis yang memikat. Kombinasi antara cita rasa gurih dari kue dengan kelembutan gula halus menjadikannya sebagai kue yang sulit untuk dilupakan.

Nah teman-teman itulah lima rekomendasi kue yang harus Anda siapkan menjelang Lebaran. Selamat menyambut Lebaran dengan kelezatan kue-kue tradisional yang tak terlupakan

Penulis bernama Yovita Amanda Putri, mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Syiah Kuala (USK).

Editor: Aisya Syahira