Beranda Artikel Keutamaan Tadarus Al-Quran

[DETaR] Keutamaan Tadarus Al-Quran

BERBAGI
Ilustrasi Tadarus. (Hanifah Safitri/DETaK)

Artikel | DETaK

Dikutip dari Majalah Madrasatul Qur’an Times Edisi 1: Keutamaan Tadarus Al Quran yang ditulis HM Mujab, kata tadarus berasal dari kata darasa yang memiliki arti belajar. Kemudian disisipi huruf ta pada awal kata yang mengubah arti menjadi mempelajari bersama.

Berdasarkan asal kata, tadarus melibatkan dua orang atau lebih. Artinya sebagian menyimak dan yang lain membaca dengan tujuan mempelajari atau menjaga hafalan dengan mengulang bacaan Al-Quran.

Iklan Souvenir DETaK

Pada bulan Ramadhan, kerap kali kita mendapati orang-orang melakukan tadarus di masjid-masjid ataupun majelis lainnya. Berikut ini keutamaan melakukan tadarus Al-Quran bersama di bulan Ramadhan.

1. Memperbaiki Bacaan Al-Quran

“Tadarus merujuk pada sebuah aktivitas pembacaan Al Quran dengan tujuan memelihara dan memperbaiki hafalannya,” tulis Mujab yang dikutip pada Jumat (28/5/2021).

2. Menjaga Hafalan Al-Quran

Tadarus adalah momen yang tepat untuk menjaga hafalan Al-Quran. Kegiatan ini bisa dilakukan karena ada orang lain yang akan menyimak dan mendengarkan bacaan hafalan kita.

3. Memaknai dan Mengamalkan Isi Al-Quran Kita

Saat tadarus jangan lupa memperhatikan, menggali, dan mendalami makna ayat-ayat Al-Quran. Perintah ini bahkan tercantum dalam surah Muhammad ayat 24.

4. Menjalin Ukhuwah Islamiyah

Tadarus Al-Quran dapat dimanfaatkan untuk menjalin dan mempererat ukhuwah islamiyah antar Muslim. Interaksi sosial juga dapat membentuk pendidikan akhlaqul karimah, sesuai firman Allah dalam surah Ali ‘Imran ayat 164.[]

Referensi:

HM. Mujab. (2019, Januari). Majalah Madrasatul Qur’an Times Edisi 1: Keutamaan Tadarus Al Quran. Redaksi MQ Times.

Penulis adalah Septia Dwi Amanda, mahasiswi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Ia juga merupakan salah satu anggota di UKM Pers DETaK.

Editor: Indah Latifa