Beranda Artikel 10 Tips Mengatasi Rasa Kantuk di Pagi Hari

10 Tips Mengatasi Rasa Kantuk di Pagi Hari

BERBAGI
(Sumber: Kompas.com)

Artikel | DETaK

Sebagaian besar masyarakat Indonesia masih banyak yang mengantuk di pagi hari meskipun sudah tidur dengan jumlah waktu yang cukup pada malam harinya. Hal tersebut tentunya merupakan sebuah hambatan bagi orang-orang yang harus beraktivitas di pagi hari tetapi masih dihantui dengan rasa mengantuk yang tak kunjung hilang. Mengantuk di pagi hari juga akan memberikan efek negatif kepada orang lain seperti, menjadi terpengaruh untuk tidak bersemangat dalam menjalani aktivitasnya.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa ngantuk di pagi hari dengan melakukan rutinitas-rutinitas kecil yang dapat diterapkan oleh semua orang.

Iklan Souvenir DETaK

1. Mencukupi Waktu Tidur

Untuk menghilangkan rasa mengantuk di pagi hari saat beraktivitas seperti sekolah, kuliah ataupun bekerja yaitu dengan mencukupi waktu tidur dengan 7-9 jam setiap malamnya. Dengan kualitas tidur yang baik tentunya akan membuat seseorang lebih segar dan bugar saat di pagi hari sehingga semangat dalam memulai aktivitas.

2. Langsung Beranjak dari Tempat Tidur

Langsung beranjak dari tempat tidur adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa ngantuk yang berkelanjutan di pagi hari. Karena jika berlama-lama di tempat tidur akan membuat seseorang kembali mengantuk dan tertidur lagi.

3. Mencari Cahaya Sinar Matahari

Jika seseorang masi merasa mengantuk di pagi hari, hal yang dapat dilakukan yaitu mencoba berjalan ke luar ruangan untuk mendapatkan cahaya matahari. Sinar matahari di pagi hari sangan bermanfaat untuk meningkatkan serotonin yang membatu seseorang dapat tetap terjaga dari rasa ngantuk.

4. Minum Air Putih

Salah satu hal yang paling penting ketika bangun tidur yang harus dilakukan oleh banyak orang adalah minum air mineral untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang telah berkurang selama tertidur. Rasa ngantuk yang tidak kunjung hilang dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang dehidrasi. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan di dalam tubuhakan membantu seseorang supaya dapat merasa lebih siap untuk beraktivitas.

5. Mencuci Muka

Setelah bangun tidur dan minum air putih, baiknya seseorang langsung bergegas untuk mencuci muka dengan air yang dingin untuk menghilangkan rasa ngantuk. Basuhan air yang dingin di wajah dapat memberikan sinyal perubahan suhu sehingga tubuh akan memberi respon dengan meningkatkan pikiran yang fokus. Serta dapat membantu menghilangkan kelelahan pada mata dan dapat membangkitkan energy untuk melakukan aktivitas.

6. Mandi dengan Air yang Dingin

Mandi dengan menggunakan air yang dingin akan memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya yaitu dapat mencegah rasa ngantuk yang terus datang. Selain itu juga dapat menurunkan risiko dari penyakit flu.

7. Olahraga Secara Teratur

Mengantuk di pagi hari dapat diatasi dengan melakukan olahraga yang ringan seperti melakukan peregangan atau berjalan kaki. Olahraga dapat memberikan sinyal pada sel-sel tubuh yang membutuhkan lebih banyak energi.

8. Mengonsumsi Makanan Bergizi di Pagi Hari

Jika ingin mencegah rasa ngantuk saat beraktivitas di pagi hari, biasa diatasi dengan sarapan di setiap harinya. Jika seseorang tidak sarapan di pagi hari akan menyebabkan rasa lapar datang lebih cepat, yang mengakibatkan seseorang akan kekurangan energi dan lebih mudah mengantuk. Sebelum beraktivitas, pastikan sudah sarapan dengan asupan bergizi seimbang, seperti telur, susu, sayur, daging, yogurt, atau kacang-kacangan. Namun, juga perlu memperhatikan porsi yang cukup. Makan dengan porsi besar justru akan menyebabkan tubuh mudah mengantuk.

9. Mengonsumsi Kafein Secukupnya

Salah satu manfaat dari kopi adalah menghilangkan rasa kantuk. Banyak orang yang mengonsumsi kopi atau biasa disebut dengan “ngopi” di pagi hari sebelum beraktivitas untuk menghilangkan rasa ngantuk dan menambah energi.

10. Mengelola Stres pada Diri

Mengelola stres dengan baik dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari, sehingga rasa kantuk di pagi hari dapat diminimalisasi. Stres dapat memicu gangguan tidur, seperti insomnia yang berpengaruh pada kualitas tidur dan menyebabkan badan mudah lelah serta cepat mengantuk.

Penulis adalah Askia Nailah, mahasiswi Ilmu Komunukasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Syiah Kuala. Ia juga merupakan salah satu anggota UKM Pers DETaK USK.

Editor: Masya Pratiwi