Beranda Artikel Aek Sijorni, Bukti Keindahan Alam Sumatera Utara

[DETouR] Aek Sijorni, Bukti Keindahan Alam Sumatera Utara

BERBAGI
Panorama Aek Sijorni di Tapanuli Selatan. 31/05/2022. (Ananda Safira)

Artikel | DETaK

Siapa sih yang gak kenal dengan Pulau Samosir dan Danau Toba? Keindahan alam yang disajikan sangat memanjakan indera penglihatan kita. Namun, tidak hanya Pulau Samsoir dan Danau Toba saja yang menjadi destinasi wisata di Sumatra Utara. Banyak tempat wisata yang indah dan unik lainnya, seperti halnya air terjun Aek Sijorni di Tapanuli Selatan yang menggabungkan antara air terjun dan wisata kolam pemandian air atau yang disebut dengan waterpark.

Dilansir dari sumut.indozone.id, aek dalam bahasa Indonesia bermakna air dan sijorni berarti jernih. Nama Aek Sijorni disematkan lantaran air di sekitar lokasi ini sangat jernih. Pasir di bawah permukaannya juga berwarna putih. Pesona keindahannya kian terpancar karena air mengalir deras melalui bebatuan cadas berundak, nampak begitu cantik dan mempesona.

Iklan Souvenir DETaK

Air terjun indah ini memiliki ketinggian 10 meter. Di sekitarnya terdapat banyak pohon kelapa. Bahkan ada beberapa juga yang tumbuh di tengah air terjun. Panorama yang tercipta pun luar biasa sangat memanjakan mata.

Dilansir dari nativeindonesia.com, Aek Sijorni merupakan kebanggaan warga Tapanuli Selatan, selain memiliki bentuk yang berundak-undak, air yang dialirkannya pun selalu bersih tak terhalang oleh cuaca apapun.

Lokasi Aek Sijorni

Aek Sijorni berada di Jalan Trans Sumatera Bukittinggi-Padang Sidempuan, Kelurahan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Jika bergerak dari pusat Kota Medan maka akan membutuhkan waktu sekitar 12 jam. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena  jalur menuju Aek Sijorni mudah untuk dilalui kendaraan, baik itu mobil, motor, ataupun bis.

Biaya Masuk

Untuk masuk ke wisata alam Aek Sijorni, kamu cukup menggocek uang sekitar Rp.10.000 sampai Rp.15.000 saja. Cukup murah bukan? Dengan tiket masuk tersebut, kamu sudah bisa menikmati fasilitas yang ada di Aek Sijorni

Fasilitas Air Terjun Aek Sijorni

Fasilitas yang disediakan lumayan lengkap, lho! sepertihalnya area parkir, kamar mandi, warung makan, mushola, toilet, serta ada pondok-pondok untuk beristirahat.

Nah, guys. Kalau pergi ke Sumatra Utara, jangan lupa mampir ke wisata alam Aek Sijorni ya! Selain bisa menikmati  air terjunnya, kamu juga bisa bermain di kolam renang yang terletak berdampingan dengan air terjun. Namun, jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dan perhatikan keselamatan ketika berada di tempat wisata alam ya![]

Penulis bernama Ananda Safira Mirza Hasibuan, mahasiswi Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Ia merupakan salah satu anggota di UKM Pers DETaK USK.

Editor: Aisya Syahira