Beranda Siaran Pers Tim PKM-PSH Prodi Psikologi Kaji Persepsi Masyarakat terhadap Proses Pengungkapan Kebenaran Konflik...

Tim PKM-PSH Prodi Psikologi Kaji Persepsi Masyarakat terhadap Proses Pengungkapan Kebenaran Konflik Aceh

BERBAGI
(Dok. Panitia)

Siaran Pers | DETaK

Aceh – Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang tergabung dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH) yang didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan penelitian dengan judul “Persepsi Masyarakat terhadap Proses Pengungkapan Kebenaran Konflik Aceh”.

Adapun tahapan penelitian dengan metode kualitatif ini adalah melakukan wawancara individu dengan informan kunci dan juga masyarakat umum. Salah satu rangkaian kegiatan penelitian yaitu Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan pada penyintas konflik tepatnya di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Pidie dan Aceh Besar pada 21 dan 28 April 2019.

Iklan Souvenir DETaK

Tim ini diketuai oleh Nailur Rahmah, beranggotakan Mutiara Ramadhan dan Fitri Auliani, dan didampingi oleh dosen pendamping Haiyun Nisa. Ide penelitian ini muncul dari Rapat Dengar Kesaksian (RDK) yang diadakan oleh Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh pada akhir tahun 2018 silam.

Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada berbagai pihak terkait proses pengungkapan kebenaran. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat dipresentasikan pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional yang akan berlangsung di Bali pada akhir Agustus mendatang. []

Editor: Herry A.