Beranda Artikel Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam Ketiga Ramadhan

[DETaR] Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam Ketiga Ramadhan

BERBAGI
Ilustrasi. (Raisa Amanda/DETaK)

Artikel | DETaK

Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin di seluruh dunia. Bulan dimana Allah melipat gandakan setiap perbuatan baik umatnya. Karena hal itulah seluruh umat islam yang ada di seluruh dunia berlomba-lomba berbuat amal kebaikan pada bulan Ramadhan.

Dan salah satu amalan yang dapat dilakukan adalah amalan sunnah shalat tarawih. Yang mana shalat ini hanya dilakukan saat bulan Ramadhan saja. Shalat sunnah yang dikerjakan setelah shalat insya’ ini memiliki banyak sekali keutamaan.

Iklan Souvenir DETaK

Dikutip dari miftahulihsan.sch.id, Syekh Taqiyuddin Al-Hishni dalam karyanya Kifayatul Akhyar menyatakan bahwa kesunnahan pada shalat tarawih merupakan kesepakatan seluruh ulama dari berbagai mazhab, tidak ada selisih pendapat pada kasus ini.

Dilansir dari detik.com yang mengutip hadist tentang pahala tarawih pada tiap malamnya yang bersumber dari kitab Darratu An-Nasihin karya Syaikh Al-Khaubawihi. Dalam kitabnya disebutkan tentang penjelasan Rasul terkait keutamaan yang diperoleh Ketika menunaikan shalat tarawih tiap malamnya, yang diutarakan oleh sahabatnya yaitu Ali Bin Abi Thalib.

Keutamaan Tarawih Malam Ke-3

Dikutip koranpeneleh.id dalam kitap Dzurrotun Nashihin (hlm. 18-19) menjelaskan secara lengkap tentang keutamaan shalat tarawih disetiap malam sepanjang bulan Ramadhan. Dan juga dijelaskan bahwa keutamaannya pada malam ketiga shalat tarawih pada bulan Ramadhan adalah Allah mengampuni dosa hambanya di masa lampau.

“Pada malam ketiga, malaikat di bawah arasy berseru : mulailah melakukan amal kebaikan, maka Allah akan mengampuni dosamu yang telah berlalu.”

Penulis bernama Raisa Amanda, mahasiswi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan unversitas Syiah Kuala. Ia juga merupakan anggota magang UKM Pers DETaK.

Editor: Masya Pratiwi